Rabu, 11 September 2013

RESIKO KANKER PASCA TRANSPLANTASI JANTUNG



Studi terbaru menunjukkan pemberian statin terkait dengan penurunan risiko terjadinya kanker pada pasien tranplantasi jantung. Hal ini merupakan kesimpulan dari studi yang dilakukan oleh Dr. Frölich dan kolega yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation bulan Juli 2012.
 
Dalam studi tersebut, peneliti memeriksa data 255 pasien yang menjalani transplantasi jantung antara tahun 1985 – 2007 dan survive pada tahun pertama. Perkembangan pasien diikuti sampai dengan tahun 2010, dimana keganasan dideteksi pada 108 pasien (42%). Statins (terutama simvastatin dan prevastatin) digunakan pada 151 pasien dalam studi ini.Pemberian statin terkait dengan perbaikan bebas-kanker dan tingkat survival secara umum (p < 0,0001 untuk keduanya). Cox-regression model digunakan untuk menganalisa waktu pembentukan tumor dengan atau tanpa terapi statin, disesuaikan untuk umur, jenis kelamin pria, tipe kardiomiopati dan terapi imunosupresif (termasuk switch menjadi inhibitor mTOR atau tacrolimus) menunjukkan tingkat survival yang lebih baik di kelompok statin. Statin mengurangi insidens keganasan apapun sebesar 67% (HR 0,33, 95% CI 0,21-0,51, p<0,0001).

Peneliti menyatakan bahwa dalam studi ini efek antikanker dari statin ini tampaknya tidak terkait dengan mekanisme penurunan kolesterol. Telah banyak publikasi mengenai efek pleiotropik dari statin, salah satunya efek imunomodulator. Diperlukan studi lanjutan (prospektif) untuk memberikan konfirmasi akan temuan studi ini.



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by KURSI RODA | jasa seo